Tips Aman Ber- ZOOM Ria di masa PSBB

Menggunakan aplikasi Zoom adalah salah satu cara kita berinteraksi dengan sesama sehingga dapat tetap menjalankan pekerjaan dan berkoordinasi dengan baik walau dalam masa PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) ataupun karena faktor jarak.

Berikut ini adalah panduan aman untuk melakukan virtual meeting dengan Zoom:

1. Pastikan Operating System Aman Dari Virus/Malware

Apapun OS yang Anda gunakan, baik Windows/MacOS/Android/iOS, pastikan sudah dalam kondisi terupdate antivirus atau pengaman sejenis lainnya.

2. Selalu Update Aplikasi Zoom

Update dan download versi terbaru Zoom hanya dari https://zoom.us/download

3. Aktifkan Two-Factor Authentication

Dari account terdaftar, otentifikasi ini dapat diaktifkan melalui email kita agar orang yang tidak berwenang tidak dapat mengakses atau melakukan duplikasi akun Anda.


SEBAGAI HOST ZOOM

1. Pastikan Pengamanan Dasar Room Sudah Dilakukan

Pastikan meeting room sudah disetting dengan waiting room dan memiliki password. Pilih server cloud yang aman dan lebih dekat secara geolocation.

2. Perhatikan Fitur Record

Pastikan fitur record atau perekaman sudah non-aktif (off). Apabila membutuhkan fitur ini harap Anda sudah mendapat persetujuan atasan, kemudian admin Zoom akan menyalakan fitur ini (hanya perekaman ke perangkat, tidak ke cloud).

3. Buat Daftar Peserta & Absen

Ingat untuk membuat daftar peserta meeting dan wajibkan menggunakan absen menggunakan nama asli (bukan nama dari perangkat yang digunakan atau nickname yang tidak menunjukkan jati dirinya/sebagai orang lain)

4. Moderaroti Meeting

Pelajari fitur-fitur pengamanan seperti disable control screen sharing, disable private chat, mute participants, matikan annotation & remote access, jadikan orang terpercaya sebagai co-host dan keluarkan (remove) peserta yang dicurigai bilamana perlu.

SEBAGAI PESERTA ZOOM

1. Gunakan Akun Zoom Yang Terdaftar

Selalu gunakan akun yang terdaftar di https://zoom.us untuk mengikuti meeting. Daftarkan pada admin Zoom bila belum memiliki akun.

2. Waspada Terhadap Link Tak Dikenal

Abaikan link yang tidak dikenal karena scammer atau hacker mungkin mengirimkan link Zoom room yang menyesatkan atau bahkan mengambil alih akun Zoom Anda. Gunakan link meeting resmi, ID dan password hanya yang diinfokan oleh Host.

3. Fokus Pada Meeting

Pastikan sudut pandang kamera tidak menyorot bagian/area pribadi. Gunakan fitur background untuk mengkamuflase keadaan di sekitar Anda. Matikan fitur transfer file, jangan bertukar file/informasi sebagai side discussion. Matikan microfon bila tidak sedang berbicara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2