12 JENIS KERTAS dalam dunia percetakan

​Hai Sobat. Ketemu lagi di artikel yang kali ini kan membahas tema masih di dalam dunia sablon atau screen printing. Yaitu membahas tentang jenis kertas yang sering digunakan di dunia percetakan, percetakan manual maupun digital. Nah kita mulai saja ya.

Kertas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah barang lembaran dibuat dari bubur rumput, jerami, kayu, dan sebagainya yang biasa ditulisi atau untuk pembungkus dan sebagainya.

Nicholas Louis Robert seorang berkebangsaan Perancis. Pada tahun 1799 menemukan mesin untuk memproses pembuatan kertas dalam bentuk lembaran-lembaran kertas. Mesin ini disebut mesin Fourdrinier.

Sebelum ditemukannya kertas pertama kali oleh bangsa Tiongkok. Bangsa-bangsa di dunia mengabadikan tulisannya melalui media kain, batu, tulang, serta daun. Sedangkan di Indonesia sendiri dahulu kertas dibuat pertama kali pada abad ke 7 (tujuh) dari kulit pohon kayu setempat di Ponorogo.

12 JENIS KERTAS dalam dunia percetakan

12 Jenis kertas yaitu meliputi :

1. HVS

HVS berasal dari bahasa Belanda houtvrij schrijfpapier yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Jenis ini memiliki warna putih,tekstur halus, serta mempunyai ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas jenis ini paling banyak dipergunakan di sekolah dan perkantoran sebagai tugas sekolah dan bekerja, laporan-laporan pekerjaan, makalah tugas kuliah, dan digunakan juga untuk buku pelajaran, buku tulis.

2. PaperBook 

Jenis ini memiliki tekstur halus sedikit kasar, berwarna kekuningan, ringan serta mempunyai ketebalan kertas dari 55 gsm,70, dan 90 gsm. Biasanya kita sering menyebutnya kertas buram. Kertas ini kegunaannya biasanya untuk Novel atau buku yang berisi teks saja. Kertas ini dibuat supaya mata kita selalu nyaman sehingga kita betah berlama-lama dalam membaca buku.

3. Art Paper

Jenis ini memiliki tekstur putih, halus, serta berkilap serta mempunyai ketebalan yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Digunakan untuk poster, brosur, bagian isi company profile, bagian isi majalah dan buku yang menggunakan gambar lebih detail. Kertas ini terkesan lebih elegan apalagi ditambah laminasi doff atau glossy.

4. Art Carton

Jenis ini memiliki warna putih, tekstur, halus, licin, tebal dan mengkilap. Mempunyai ketebalan mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm dan 310 gsm. Digunakan untuk Cover Buku, Kartu nama, Cover Majalah, Box Produk, Sertifikat, Undangan dan lainnya. Untuk Cover Buku dan Kartu Nama menggunakan ketebalan kertas 260 gsm.

5. Karton BW

Jenis ini memiliki warna putih, tekstur halus, dengan ketebalan 240 gsm. Digunakan untuk Sertifikat Penghargaan, Kartu Iuran, Undangan, Map dan lainnya.

6. Jasmine

Jenis ini memiliki varian warna warni, tekstur halus, mengkilap dengan partikel emas di permukaan kertas. Banyak digunakan untuk Kartu Ucapan dan Undangan.

7. Concorde

Jenis ini memiliki varian warna yang lembut, permukaan timbul seperti membentuk garis dan tekstur kasar dan halu. Digunakan untuk Surat Penting, Sertifikat, Proposal, Skripsi.


8. Linen Jepang

Jenis ini memiliki varian warna yang sedikit, licin, dan bertekstur semacam kain di permukaan depan. Memiliki ketebalan 240 gsm. Digunakan untuk Kartu Nama dan Sertifikat.

9. Buffalo

Jenis ini memiliki banyak varian warna, licin, dan bertekstur semacam guratan kayu. Karena ketebalan pada kertas ini, sering digunakan untuk cover jilid, kartu iuran, dan map. Kertas ini juga memiliki .

10. NCR

Jenis ini memiliki berbagai varian warna, mempunyai tekstur halus, tipis, dan terdapat partikel karbon yang ada di belakang, tengah, depan kertas. Digunakan untuk Struk, Nota, Faktur, Bon, Surat Jalan. Kertas ini apabila ditulis akan mennyalin pada kertas halaman di bawahnya karena ada partikel karbon.

11. Stiker Chromo

Jenis ini memiliki warna putih, tekstur halus, mengkilap, dan seperti kebanyakan stiker, mempunyai lapisan lem pada bagian belakang. Digunakan untuk label produk, media promosi yang bisa ditempelkan pada tempat tertentu. Bisa dicetak menggunakan printer deskjet, inkjet, maupun mesin digital besar.

12. Stiker Vinyl

Jenis ini memiliki ciri-ciri licin permukaan seperti berlapis plastik, mengkilap, lentur dan seperti kebanyakan stiker, mempunyai lapisan lem pada bagian belakang. Kertas ini hasil dari produksi secara sintetis. Biasa digunakan pada bagian helm, motor, mobil. Kertas ini tidak mudah sobek dan terkikis air hujan seperti pada kertas lainnya. Tidak bisa dicetak menggunakan printer Inkjet, Deskjet.

Baca Juga : Jenis ScreenPrinting untuk berbagai media!

Varian jenis kertas dalam dunia percetakan sebenarnya masih banyak, karena produsen besar penghasil kertas selalu mengeluarkan varian baru. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut lagi tentang berbagai varian kertas terbaru. Sobat dapat mengikuti pameran atau Expo tentang dunia percetakan. Semoga bermanfaat ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2