Pertanyaan Seputar Sablon atau Screen Printing

Pertanyaan Seputar Sablon atau Screen Printing

Hai Sobat Sablon. Sebagian pelanggan atau bahkan pengrajin sablon pasti sering bertanya tentang sablon maupun hasil sablonnya. Nah berikut biasanya daftar Pertanyaan Seputar Sablon atau Screen Printing yang didapatkan dari pelanggan maupun pengrajin sablon.

Berapa kali pencucian hingga rusak sablon kita?

Itu tergantung. Jika kaos jarang dipakai, dan karenanya, jarang dicuci, itu akan bertahan lebih lama daripada kaos yang dipakai dan dicuci seminggu sekali. Sebagai aturan umum, kaos yang dicetak dan dikeringkan dengan benar saat penyablonan setidaknya 50 kali pencucian baru akan mulai rusak.

Untuk membantu memperpanjang masa pakai kaos hasil cetak, cucilah luar dalam dan dengan air dingin. Jika Anda ingin jauh lebih awet, keringkan kaos tanpa dimasukkan ke pengering. Ini terutama akan membantu jika itu adalah poliester 50/50 atau 100%

Apakah seharusnya menggunakan tinta plastisol khusus untuk melakukan simulasi proses pencetakan?

Proses pencetakan simulasi, atau SIM, adalah penggunaan tinta buram biasa untuk mensimulasikan proses pemisahan tinta. Ada beberapa tinta yang dikemas sebagai tinta "proses sim". Ini membantu Sobat dalam membuat warna proses simulasi.
Sobat sebenarnya dapat menyesuaikan warna-warna itu untuk mendapatkan representasi yang lebih dekat dengan hasil akhir yang ingin Sobat capai. Campurkan warna Pantone Sobat sendiri atau pesan pantone tertentu untuk menyesuaikan dengan warna Sobat. Saat mencetak proses simulasi, harus menggunakan ukuran mesh yang lebih tinggi. Ini akan membantu menahan halftone dengan lebih baik.
Mencetak melalui ukuran mesh yang lebih tinggi berarti mencampurkan pengencer yang lebih banyak pada tinta ini sehingga tinta tersebut mengalir lebih baik melalui mesh yang Sobat gunakan.

Pada tahap manakah saya harus meningkatkan usaha dari manual saya ke mesin sablon otomatis?

Ada beberapa cara untuk memutuskan kapan akan mendapatkan pres kaos otomatis. Pertama dan terpenting, jika Sobat ingin meningkatkan kualitas hidup Sobat, maka Sobat harus menambahkan mesin pres otomatis. Mampu mencetak dengan mesin sablon otomatis mengurangi begitu banyak stres pada tubuh. Perbedaannya bagaikan siang dan malam - tidak ada lagi lengan, siku, dan punggung yang lelah.

Bagi mereka yang memprioritaskan keuntungan, lihat peningkatan kemampuan yang ada di mesin sablon otomatis. Mencetak lebih cepat berarti dapat menerima lebih banyak pekerjaan. Lebih banyak pekerjaan secara langsung berarti peningkatan pendapatan. Berikut ini perbandingan cepat antara toko sablon manual dan yang menggunakan mesin sablon otomatis.
                              Manual    Tekan Otomatis
Pekerjaan                 10                10
Layar                        30        30
Kaos                        1000        1000
Waktu pada 15 menit
pengaturan skrin     20 jam    11,5 jam
(250 kaos / jam)

Dalam contoh ini, otomatis akan memotong waktu produksi Sobat hampir setengahnya. Untuk toko dengan biaya operasional yang lebih tinggi, mesin cetak otomatis akan membuat perbedaan yang lebih besar.

Haruskah saya mendorong atau menarik Squeeqee yang terbuat dari karet?

Ini adalah pertanyaan lama yang dibahas sampai tidak enak badan, wkwk. Jawaban singkatnya adalah melakukan apa yang menurut Sobat berhasil dengan baik. Jika cetakan terlihat bagus, Sobat melakukannya dengan benar. Jika cetakan dengan cara ditarik, kemungkinan operan yang lebih mulus akan lebih besar karena kontrol otot yang lebih baik.  Namun, gerakan menarik, tidak seperti gerakan mendorong, karet menyapu dengan lentur. Dengan menekan Squeeqee yang terbuat dari karet, Sobat memanfaatkan kelenturan skrin dalam memindahkan tinta ke kaos. Keuntungan mendorong Squeeqee yang terbuat dari karet adalah lebih sedikit tenaga yang digunakan.

Berapa banyak lapisan emulsi film yang harus digunakan?

Jumlah emulsi yang Sobat masukkan pada bingkai sablon, secara teknis disebut emulsi melalui mesh (EOM). Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda dan secara umum, semua orang mengira mereka adalah pelapis emulsi terbaik. Namun, jika melapisi skrin dengan tangan berarti ada ketidakkonsistenan antara setiap orang dan bahkan dari skrin ke skrin saat dilapisi oleh orang yang sama. Teknik pelapisan yang populer adalah 1 + 1, 2 + 1 dan 2 + 2. Angka-angka ini mengacu pada berapa banyak gerakan emulsi yang ditempatkan di setiap sisi skrin. Semakin banyak lapisan yang Sobat letakkan di skrin, semakin besar emulsi yang terbentuk. Ini menciptakan EOM yang lebih tinggi. Deposit emulsi yang lebih tebal meningkatkan jumlah tinta yang menempel pada kaos Sobat.

Semoga artikel ini memberikan jawaban tentang Pertanyaan Seputar Sablon atau Screen Printing
yang Sobat cari selama ini. Jika Sobat seorang pengrajin sablon pemula, menemukan artikel : Screen Printing untuk menjadi panduan yang bermanfaat juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2