Digital Printing : Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenis Mesin Digital Printing


Digital Printing : Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenis Mesin Digital Printing. Halo, Sobat Sablon semuanya. Kembali lagi Sablon  di sini akan membagikan info menarik yang pasti bisa menambah wawasan kamu.
Pada artikel kali ini, Sablon akan membahas tentang digital printing, mulai dari pengertian, sejarah sampai dengan jenis-jenis mesin digitalnya. Sudah mulai penasaran sobat? Yuk langsung saja kita bahas artikelnya dibawah ini!

Digital Printing : Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenis Mesin Digital Printing

Pengertian Digital Printing

ablon myid sebenarnya masih sedikit penasaran, menurut beberapa artikel yang sempat Sablon myid baca, pengertian dari Digital Printing adalah : proses dari sebuah perangkat lunak cetak gambar yang didesain dan menjadi material media fisik.
Agak ribet yah sobat? Ringkasnya adalah digital printing di maknai sebagai sebuah proses dari objek digital menjadi objek dalam bentuk material. Seperti contoh sederhananya adalah saat kita mencetak foto.
Jadi bagaimana sobat sudah paham tentang pengertian digital printing? Kalau begitu mari kita belajar tentang sejarah dari digital printing itu sendiri, Sablon myid sudah merangkumnya dibawah ini untuk kamu yah!

Sejarah Digital Printing
Sejarah dari digital printing ini, Sablon myid temukan dari beberapa survei dari artikel yang sempat Sablon myid baca, dalam salah satu artikel menyebutkan bahwa pada tahun 1439 seorang berkebangsaan jerman yaitu Johannes Gutenberg menemukan sebuah alat cetak yang dapat digunakan untuk produksi massal buku-buku percetakan.
Penemuan itu banyak membantu kegiatan kehidupan manusia.
Sablon myid, saat membaca artikel ini dan membandingkanya dengan artikel lainnya menemukan fakta bahwa tahun ditemukannya alat cetak massal oleh Johannes Gutenberg dan pengenal istilah digital printing di pasaran ternyata sangat jauh sekali loh, sobat!
Mesin cetak massal itu ditemukan pada tahun 1439 sedangkan digital printing pertama kali diperkenalkan dan dikenal pasar sekitar tahun 1990-an.
Hampir lima ratus tahun lebih perbedaanya, Sangat jauh sekali yah, kira-kira penyebabnya apa yah?  Oke kita lupakan saja sobat tentang itu.
Perkembangan digital printing, setelah tahun 1990 sangat terasa sekali, pada tahun 1993 Indigo menjadi mesin digital printing yang pertama diluncurkan. Mesin digital printing ini ternyata sangat laku dipasaran dan banyak membuat orang-orang terpengaruh  untuk mulai beralih ke dunia printing digital, dimana mereka bisa mencetak dengan cara yang singkat dan bisa langsung dilakukan melalui komputer. 
Perkembangan dari digital priting ini, benar-benar telah mengubah dunia percetakan,  dengan menggunakan digital printing  sobat bisa menghasilkan kualitas cetak yang tinggi dengan proses yang cenderung sangat mudah dan efesien.

JENIS-JENIS MESIN DIGITAL PRINTING
Oke, sobat setelah kita belajar tentang pengertian dari digital printing dan sejarahnya, kali ini Sablon myid akan sedikit berbagi informasi tentang jenis-jenis mesin digital printing, untuk sobat yang berencana ingin membuka jasa digital printing, boleh nih baca artikelnya sampai habis!

 Mesin Digital Printing Indoor
Yang pertama akan Sablon myid bahas adalah, Mesin Digital Priting Indoor. Mesin  jenis ini merupakan mesin yang dibuat untuk melayani kebutuhan barang cetak seperti stiker, wallcovering, x banner dan banner, serta spanduk untuk di dalam ruangan. Mesin ini memiliki kemampuan untuk mencetak barang dengan lebar sekitar 24, 42 hingga 60 inch.

Mesin Digital Printing Outdoor
Mesin yang kedua, adalah Mesin Digital Printing Outdoor.  Mesin ini biasa digunakan untuk membuat produk cetak untuk kebutuhan advertising khusus, seperti baliho dan spanduk. Mesin ini memang di gunakan untuk mencetak barang-barang yang kuat dengan kondisi panas dan hujan, tidak heran jika mesini ini di namakan digital printing outdoor.

Mesin Digital Printing Semi Indoor Outdoor
Mesin percetakan digital ini tergolong flexsibel karena bisa melayani kebutuhan cetakan, baik untuk kebutuhan cetakan indoor maupun kebutuhan cetakan outdoor. Mesin ini mencetak indoor dan outdoor karena menggunakan base tinta eco solvent, dimana karakter tinta ini tidak berbau jika digunakan dalam ruangan. Sedangkan untuk diluar ruangan, tentunya tinta ini aman dan ramah lingkungan.

Mesin Digital Printing Photographic
Mesin jenis ini, merupakan mesin yang khusus digunakan untuk membuat cetakan yang berkaitan dengan fotografi. Mesin ini memang sangat khusus bagi para photograper, karena mesin ini memiliki kemampuan unutk memberikan kualitas dan presisi gambar dengan komposisi warna yang sangat kompleks, tidak seperti mesin printing jenis lainnya.

Nah, gimana sobat, sekarang makin banyak tahu kan tentang dunia digital printing.
Oke, sekian artikel yang Sablon myid buat tentang  Digital Printing : Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenis Mesin Digital Printing
Jangan lupa untuk membagikan artikel ini yah sobat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2