5 Hal Penting Saat Membeli Mesin Jahit

5 Hal Penting Saat Membeli Mesin Jahit

Mesin jahit sangat berguna untuk Sobat yang akan berkecimpung di dunia konveksi atau garment. Sebelum ditemukannya mesin jahit, manusia menjahit secara manual. Hanya menggunakan jarum dan benang, jarumnya pun masih menggunakan bahan selain logam, yaitu tulang, batu dan lain-lain.

Pada tahun 1830, Barthelemy Thimonier berhasil menciptakan mesin jahit yang mudah dan praktis digunakan. Mesin jahit ciptaannya tersebut menggunakan satu jarum dan benang.

Di Amerika Serikat terjadi perang paten antara Elias Howe, dan Isaac Singer. Tetapi dalam persidangan dimenangkan oleh Elias Howe karena Isaac Singer terlambat untuk mem-patenkan penemuannya.

Di masa sekarang, berbagai merek dan tipe Mesin Jahit banyak ditawarkan. Semuanya mengunggulkan kemampuan masing-masing bahkan juga dengan harga yang murah. Sebagai penggiat usaha konveksi atau garment, tentunya Sobat perlu cerdas untuk memilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan usaha kita.

1.Belilah mesin terbaik sesuai kemampuan

Mesin jahit terbaik bukanlah berarti mesin jahit yang paling banyak kelengkapannya, namun mesin yang dibuat dengan bagian (part) yang berkualitas. Mesin yang tidak akan menimbulkan kesulitan dalam beberapa bulan dan tidak bermanfaat juga jika sering diperbaiki.
Pikirkanlah ini adalah sebuah investasi, seperti kamera atau sepeda yang bagus. Sering mendengar cerita tentang penjahit baru yang tidak yakin berapa banyak dia akan menjahit. Karenanya dia membeli mesin yang murah untuk memulai usahanya dan ternyata banyak menimbullkan masalah.
Banyak pekerjaan tetapi Sobat belum mampu membeli mesin untuk menjahit. Lebih baik Sobat meminjam mesin dari teman atau kerabat, menyewa tukang jahit atau membeli satu mesin yang berkualitas dengan menggunakan cicilan.
Semua itu adalah untuk menghindari pembelian yang tidak perlu karena menghabiskan uang dan membuat pengalaman belajar Sobat tidak menyenangkan.

2.Belilah dari Dealer

Ketika Sobat membeli mesin jahit belilah langsung dari dealer dan bukan dari jaringan toko besar. Dengan membeli dari dealer, Sobat dapat mendapat informasi langsung dari narasumber guna memperoleh bantuan teknis, pengalaman, nasihat dari pemilik mesin berkelas yang bisa membimbing Sobat melalui semua fitur-fitur mesin dan belajar bagaimana cara terbaik membersihkan dan merawat mesin jahit.
Sobat juga mendapatkan jasa servis mesin dan mendapatkan jaminan garansi. Jangan lupa tanyakan juga apakah Sobat bisa melakukan tukar tambah, karena usaha kita pasti akan terus berkembang.

3.Duduk dan menjahitlah

Sobat bisa mencoba calon mesin jahit yang akan dibeli. Duduk dan rasakan mesin jahit tersebut. Haluskah suaranya? Apakah menimbulkan banyak suara? Bagaimana tampilan keseluruhan mesin jahit tersebut? Seberapa mudah pengoperasiannya? Bagaimana kualitas jahitan? Apa saja fitur-fiturnya, seperti jahit zig-zag, kombinasi (blind hem) atau jahitan yang dikencangkan (stretch stitches). Fitur membuat lubang kancing otomatis biasanya terpisah, kita bisa mendapatkan fitur tersebut dengan mengeluarkan biaya tambahan.

4.Ambil beberapa contoh jahitan dari mesin

Pada tahap ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Mintalah kepada Dealer untuk memberikan contoh hasil jahitan dari mesin yang mereka jual. Sobat dapat melihat hasil jahitan tersebt dan dapat digunakan sebagai referensi dalam pemilihan mesin jahit yang berkualitas.

Baca juga : Mengenal Jenis Kain Kaos

5.Pilih mesin yang sesuai dengan usaha di masa depan

Mesin jahit dengan fitur-fitur yang banyak belum tentu membuat Sobat merasa nyaman dalam memakainya. Kadang Sobat merasa terganggu dengan fitur tersebut. Jangan lupakan untuk memilih mesin jahit untuk usaha Sobat di masa datang.

Mesin jahit merupakan alat yang digunakan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pilihlah mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Sobat agar tidak menyesal kemudian hari. Selamat menjahit!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2