Terciptanya Kancing Baju

Terciptanya Kancing Baju

Coba Sobat Sablon sekalian lihat seragam kita, pasti terdapat kancingnya kan? Tapi pernah kah Sobat semua berpikir, darimana dan di jaman apakah pertama kali terciptanya kancing baju yang sangat berguna itu?

Kancing baju juga salah satu komponen dalam usaha screen printing atau sablon. Kancing baju tidak hanya dipakai di hasil produksi baju dan seragam. Tetapi juga dipakai di hasil produksi souvenir.

Berdasarkan penelitian para arkeolog dunia, bahan kancing baju sudah digunakan sejak jaman dahulu kala. Bahkan sebelum manusia mengenal tulisan lh Sobat sekalian. Tetapi kancing baju ini baru mulai dikenal pada tahun 1200-an saat pakaian dengan tren longgar.

Di jaman itu, manusia menggunakan kancing baju yang terbuat dari kerang, beling kaca, kulit dan mutiara. Bahkan sekitar 4000-an tahun lalu, bangsa dari Yunani kuno menggunakan kancng baju dari bahan emas lho. Amazing!

Kancing Baju Di Abad Ke-14

Di abad ke-14, kancing baju mulai populer di negara-negara Eropa. Kancing baju dibuat dari beraneka bahan seperti perak, baja, tembaga, timah, nikel dan perunggu. Beda halnya dengan di jaman sekarang dimana kancing baju banyak terbuat dari bahan plastik berwarna-warni dan berbagai bentuk. Ada yang lingkaran, kotak, bunga dan lain-lain. Dalam ukurannya pun beragam, ada yang besar, sedang, kecil dan sangat kecil.

Kancing Baju Di Abad Ke-18

Pada abad ke-18, dari bangsa Prusia dipimpin oleh King Great Frederich. Raja ini sangat disiplin dan sangat menyukai kebersihan. Suatu hari, sang Raja memeriksa barisan pasukannya. Dan ternyata, pada bagian lengan di seragam para prajurit sangat kotor dan dekil. Dikarenakan kebiasaan mereka menyeka keringat di wajah dengan ujung lengan seragam mereka.

King Great Frederich pun membuat kebijakan baru di mana setiap ujung kengan seragamnya harus diberi kancing baju, yang saat itu masih terbuat dari kulit kerang atau beling kaca. Dengan cara begitu, prajurit yang masih suka menyeka keringat dengan lengan seragam, wajahnya akan lecet terkena kancing. Itulah yang membuat ujung lengan jas dihiasi dengan beberapa kancing sampai sekarang ini.

Perbedaan Kancing Baju Laki-laki dan Perempuan

Dari Sobat semua mungkin juga pernah bertanya-tanya. Apa yang menyebabkan kancing baju untuk laki-laki berada di sebelah kanan? Sementara kancing baju perempuan berada di sebelah kiri? Ternyata ini ada asal mulanya.

Pada jaman dahulu, susunan kancing baju laki-laki dan perempuan dibuat sama yaitu terletak di sebelah kiri. Pada abad pertengahan, model baju laki-laki mengikuti bentuk pakaian perang pada jaman tersebut. Para pasukan merasa kesulitan saat akan mengambil pedang di pinggang sebelah kiri, karena tangan kanan harus membuka kancing bajunya terlebih dahulu. Gerakan mencabut pedang pun jadi terhambat. Nah, supaya lebih cepat dalam mencabut pedang, kancing baju dipindahkan ke sebelah kanan, sehingga tangan kiri bisa membuka baju dan tangan kanan bebas memegang pedang.

Alasan lain yaitu untuk perempuan karena biasanya memakai baju secara sendiri, akan lebih mudah jika letak lubang kancing di kanan dan kancingnya sebelah kiri. Untuk laki-laki, karena biasanya dipakaikan leh perempuan, akan memudahkan jika lubangnya di kiri dan kancing sebelah kanan.

Terciptanya Kancing Baju
Di jaman sekarang kancing baju dapat di sablon menggunakan tinta menggunakan solvent secara manual maupun menggunakan mesin otomatis. Tersedia dengan 2 lubang sampai 4 lubang.

Demikian pembahasan terciptanya kancing baju di jaman dahulu. Semoga bermanfaat ya Sobat sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2