KAIN KAOS : JENIS DAN BAHAN SERATNYA

KAIN KAOS : JENIS DAN BAHAN SERATNYA

 KAIN KAOS : JENIS DAN BAHAN SERATNYA
Selamat malam sobat sablon semua. Pada kesempatan kali ini sablon myid ingin membagikan artikel tentang Kain Kaos : Jenis dan Bahan Seratnya.

Mengapa sobat sekalian perlu mengetahui jenis kain kaos yang akan sobat gunakan? Sebab kain adalah bahan utama untuk kita mencetak, sehingga akan mewujudkan hasil yang terbaik.

Langsung saja ya sobat sablon sekalian. Check it out!

Jenis-Jenis Kain Kaos

Pengelompokkan bahan kaos ditinjau dari jenis Benangnya, yaitu :

1. COTTON

Sering kita mendengar jenis bahan ini. Bahan baku kaos jenis ini adalah serat kapas. Sifat bahan kaos ini bisa menyerap keringat dan tidak panas. Ada 2  (dua) macam berdasarkan spesifikasi dari benang :

  • Cotton Combed, memiliki ciri : serat benan lebih halus. Hasil rajutan dan penampilan lebih rata.
  • Cotton Carded, memiliki ciri : serat benang kurang halus. Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata.

2. TC (TETERON COTTON)

Jenis bahan kaos ini adalah campuran dari Cotton Combed 35% dan Polyester (Teteron) 65%. Apabila dibandingkan dengan bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan.

Sementara kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan terhadap "shrinkage" (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci bekali-kali. Untuk contoh penggunaan jenis bahan ini adalah media kampanye di musim Pemilihan Kepala Pemerintahan.

3. CVC (COTTON VISCOSE)

Jenis bahan kaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose.

Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil daari bahan Cotton. Dan yang lebih penting jenis bahan kaos ini juga bersifat menyerap keringat.

4. POLYESTER DAN PE

Jenis bahan kaos ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa bijih plastik.

Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan apabila dipakai akan panas.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 

Baca juga : Screen Printing atau Sablon Manual

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pentingnya mengetahui tentang benang atas bahan kaos yang sobat mau adalah berkaitan dengan ketebalan atau gramasi bahan kaosnya. Pengelompokkan bahan kaos ditinjau dari ukuran benangnya, yaitu :

KAIN KAOS : JENIS DAN BAHAN SERATNYA

 

 1. BENANG 20S

Jenis benang ini biasanya dipakai apabila sobat sekalian menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 180 sampai dengan 220 gram per meter pesegi dengan jenis rajutan Single Knitt.

2. BENANG 24S

Jenis benang ini biasanya dipakai apabila sobat sekalian menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 gram per meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.

3. BENANG 30S

Jenis benang ini biasanya dipakai apabila sobat sekalian menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 gram per meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 gram per meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

4. BENANG 40S

Jenis benang ini biasanya dipakai apabila sobat sekalian menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 gram per meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 gram per meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

Demikian sharing ilmu KAIN KAOS : JENIS DAN BAHAN SERATNYA yang bisa disampaikan semoga berguna bagi Sobat-sobat sablon sekalian. Apabila ada pertanyaan bisa ditinggalkan di kolom komentar. Jumpa lagi di artikel berikutnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2