Pengertian Logo : Tujuan Manfaat Dan Tips Membuat Logo

Logo

Pengertian Logo : Tujuan Manfaat Dan Tips Membuat Logo. Dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di zaman sekarang, tentu saja kita sudah sering melihat logo. Baik itu logo usaha, bisnis dan lain-lain. Namun, pernah nggak sih, kita berpikir apakah logo itu penting?

Kali ini, akan kita bahas ya Sobat. Supaya kita bisa tahu, seberapa berpengaruhnya logo dalam kehidupan kita terutama dalam bisnis.

 

Pengertian Logo : Tujuan Manfaat Dan Tips Membuat Logo

Kita pasti sering melihat logo, baik kecil atau besar. Biasanya kita dapat menemukannya di sebuah produk atau perusahaan, lalu … logo  itu apa sih sebenarnya?

Pengertian Logo

Logo adalah hal yang sangat penting bagi bisnis atau perusahaan, karena logo merupakan identitas dan ciri khas. Peranan penting logo juga untuk branding. Sebagai contoh, jika kita membeli produk berupa makanan kesukaan. Tentu saja kita akan langsung mengingat logo yang tertera di kemasan, karena kita memutuskan untuk berlangganan. Apalagi jika produk tersebut sering muncul di iklan, alhasil ketika banyak yang tertarik dengan iklan tersebut, mereka akan mencoba membelinya. Jika produknya cocok, mereka pun langsung bisa mengenal secara tidak langsung perusahaan yang membuat produk tersebut lewat logo yang tertera.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka konsep yang kuat agar bisa mempengaruhi calon konsumen. Hingga saat ini, masih banyak calon pebisnis yang membuat logo tanpa memiliki arti yang dapat dipahami, alias kita hanya melihatnya sebagai sebuah simbol saja. Sebagai pebisnis yang cerdas, logo kita harus mempunyai ciri khas tersendiri dan mudah diingat oleh calon konsumen.

Tujuan Logo

Perusahaan memiliki beberapa tujuan ketika membuat logo. Di antaranya adalah:

Marking (bentuk)

Sebelum membuat logo, kita akan memikirkan bagaimana logo yang akan kita buat. Tentu saja, kita akan memikirkan bentuk yang sesuai dengan obyek yang terkait dengan bisnis atau usaha kita. Akan aneh bukan, jika logo kita berbanding terbalik dengan filosofi perusahaan kita?

Jika bentuk logo kita sesuai dengan obyek bisnis atau usaha kita, maka bentuk penggambaran maupun identitas logo akan menjadi citra dari perusahaan yang mempunyai ciri khas.

Eye Catching (menarik mata) dan menarik perhatian

Selain bentuk, kita pasti akan fokus melihat logo tersebut entah dari warna atau yang lain, atau mungkin kita secara tidak sadar akan membandingkan logo antara A dan B. Kita bisa menilai apakah logo itu memikat kita atau tidak?

Desain logo harus memiliki nilai yang lebih dari cuma sekadar menarik untuk dilihat. Maksudnya adalah logo perusahaan harus mampu bersaing dengan banyak gambar yang terpampang. Entah itu di website, televisi, brosur, poster, dan sebagainya.  Ya, logo harus bisa menarik perhatian, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu mengenai usaha atau bisnis kita.

Trendi

Setiap tahun, logo pasti mengalami perkembangan dan trend. Trendi sangat penting untuk logo, apalagi di zaman modern ini. Buktinya, logo juga berevolusi sesuai dengan zamannya. Tidak mungkin, kan, jika logo akan selalu sama sampai berapa puluh tahun kemudian?

Logo yang baru sesuai trend dan zaman tentu saja akan lebih membawa suasana baru, sehingga calon konsumen pun akan lebih tertarik.

 

Bagaimana Cara Mengenalkan Logo Bisnis atau Usaha Kita?

Seperti kata pepatah: Tak kenal, maka tak sayang. Logo pun sama. Kalau tidak dikenalkan, bagaimana orang akan mengetahui produk atau perusahaan kita, kan?

Bagaimana cara mengenalkan logo perusahaan?

Zaman sekarang apalagi zaman sudah modern ini, tentu saja lebih mudah untuk memperkenalkan sesuatu. Seperti contoh, bisa lewat media sosial. Entah itu website, youtube, instagram atau yang lainnya. Namun, kita juga tidak harus berpatok ke media sosial saja. Kita juga bisa mengenalkannya lewat media elektronik seperti iklan surat kabar, iklan TV, dan lainnya). Hal tersebut akan dipakai untuk menyampaikan pesan marketing dan branding.

  

Manfaat Logo

Sebagai gambaran brand

Logo yang baik harus memiliki gambaran atau ciri khas dari bisnis yang dijalankan, sehingga dengan begitu calon konsumen akan tertarik.  Misalnya saja, jika kita mempunyai perusahaan mainan atau boneka. Tentu saja kita akan menampilkan boneka atau mainan di logo kita agar masyarakat bisa kenal dan tahu produk dan perusahaan kita memproduksi dan menjual apa.

Strategi pemasaran atau strategi promosi

Kita harus pintar dalam promosi. Zaman sekarang, kita bisa melakukan promosi lewat online dan offline. Hal itu dapat membuat banyak orang lebih mengenal logo bisnis kita. Selain itu, kita juga bisa mengenalkannya dengan cara mendistribusikan produk promosi. Contohnya logo kita cetak di kaos, sticker, dan lain-lain.

Sebagai identifikasi merek

Ketika kita terlalu sering melihat merek yang kita jumpai. Otomatis, kita akan mencari tahu tentang perusahaan yang memproduksinya. Contoh, jika kita menyukai barang tertentu, maka kita akan membaca di mana perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Memberikan citra yang positif

Ketika logo kita sering dijumpai entah itu di iklan televisi atau lewat media lain seperti media sosial, maka dengan itu pula logo kita semakin dikenal masyarakat dan dianggap mempunyai komitmen dalam berbisnis.

Tips Membuat Logo yang Menarik

Ciptakan Logo yang Bersifat Abadi

Memang benar bahwa logo bisa berubah sesuai zaman, hanya saja kita juga perlu memikirkan apakah logo kita di masa mendatang masih menarik? Apakah desain logo masih relevan di masa nanti? Bagaimana kesan logo kita?

Oleh karena itu, kita harus menciptakan logo yang sifatnya abadi agar tujuan kita sama, baik itu sekarang maupun nanti.

 

Cari Referensi Logo

Carilah referensi logo sebanyak mungkin di mana pun. Baik di buku ataupun internet. Mencari referensi logo bukan untuk plagiat, melainkan untuk mendapatkan inspirasi. Dengan mencari referensi, kita akan mendapatkan ide menarik untuk membuat logo yang mana logonya tidak boleh sama dengan yang lain. Kita juga akan bisa membandingkan makna dari logo A dan logo B guna memperluas wawasan.

Pahami Visi dan Misinya

Setiap bisnis memiliki sejarah. Pasti ada cerita kenapa bisnis tersebut bisa berdiri. Sebelum membuat logo, kita harus memahami visi dan misi bisnis kita serta memahami keunggulan dan karakteristik dari brand. 

Memiliki Filosofi

Bentuk logo bisa dibuat berupa rangkaian gambar atau huruf, atau gabungan keduanya. Kita juga harus memahami soal pemilihan warna. Ada yang satu warna, ada yang beberapa warna. Untuk memahami arti warna dan sebagainya, kita bisa mencari tahu di internet atau buku. Jika logo sudah memiliki filosofi yang sesuai, maka logo dapat memberikan makna yang mendalam dan lebih berkesan karena ternyata logonya dibuat penuh arti.

Nah, ternyata dari sebuah logo bisa membawa pengaruh yang besar ya? Apalagi untung branding.Logo sangat penting untuk bisnis atau usaha, karena kalau tidak ada logo, maka masyarakat tidak akan mengenal bisnis atau usaha kita. Bagaimana menurutmu.

Apakah logo sangat penting? Jawabannya tentu saja. Tidak ada satu pun di dunia ini yang tak ingin dikenal. Semua berlomba-lomba untuk saling memperkenalkan sesuatu dengan caranya tersendiri untuk mendapatkan keuntungan. 

Demikian artikel tentang Pengertian Logo : Tujuan Manfaat Dan Tips Membuat Logo. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2