Artwork - Color Separation (Separasi Warna)

Artwork - Color Separation (Separasi Warna). Jumpa lagi Sobat Sablon Myid. Setelah mengetahui perbedaan Artwork dan Desain Grafis. Sekarang kita lanjut pengetahuan kita tentang Color Separation atau Separasi Warna.

Color separation atau pecah warna dilakukan setelah ada artwork. Proses pisah warna apa yang akan Sobat gunakan.

Baca juga : Artwork & Desain Grafis apa bedanya?

Pada dasarnya ada 5 (lima) proses pecah warna yang digunakan, yaitu :

  1. spot color
  2. gradation
  3. four color process
  4. simulated color process
  5. index color separation

Yuk, kita mulai bedah satu persatu apa itu proses pecah warna. check it out!

1. SPOT COLOR

atau yang biasa disebut Blok/Solid. Proses ini sering dipakai di industri Sreenprinting dan printing di Special Effect.

Seperti sudah kita ketahui bahwa spot color adalah proses pisah warna untuk gambar solid. Untuk itu kita memerlukan film positif dan negatif meski secara umum kita lebih sering menggunakan film positif.

 Contoh Film Positif dan Film Negatif 
 
Pada umumnya tinta Special Effect diaplikasikan dengan teknik Spot Color ini ya Sobat. Karen lebih dapat memperlihatkan perbedaan yang cukup jelas. Beberapa jenis tinta Speciall Effect tersebut antara lain :
  • Puff
  • Glitter
  • Discharge
  • Burn Out
  • Foil
  • Flocking

2. PROCESS GRADATION

Process Gradation atau proses gradasi hampir menyerupai Spot Color tetapi pada proses Gradasi terdapat bagian gelap terang yang dihasilkan dari Raster.

Proses ini digunakan karena dapat menghasilkan tampilan gelap terang hanya menggunakan satu warna.

Berbagai bentuk Gradasi dapat kita ciptakan dengan menggunakan program Adobe Photoshop.

Gradasi

Contoh Gradasi

3. FOUR COLOR PROCESS

Four color process atau Separasi empat warna adalah teknik meencetak menggunakan 4 warna yang berbeda, yaitu : Cyan Magenta Yellow Black (CMYK).

Pada saat keempat warna tersebut bergabung menjadi satu, maka akan menghasilkan ribuan warna yang berbeda. Proses ini sangat baik digunakan di atas dasar kain warna putih saja. Hal ini disebabkan karena tinta yang digunakan untuk mencetak Four Color Separation adalah tinta transparan.

Untuk mencetak dengan warna CMYK ini sobat Sablon myid memerlukan sudut raster yang berbeda-beda untuk tiap warnanya. Seperti berikut ini

  • Cyan 15 derajat
  • Magenta 45 derajat
  • Yellow 75 derajat
  • Black 75 derajat

Jadi bisakah Four Color Separation digunakan di atas kain warna gelap?

Jawabnya bisa. Untuk menggunakan teknik Separasi empat warna di atas kain gelap diperlukan tambahan film Underbase dengan tinta warna putih untuk memberikan dasar putih terlebih dahulu.

Disamping kelebihannya yaitu dengan hanya menggunakan 4 warna atau maksimum 5 warna, sobat bisa dapat menciptakan ribuan warna yang berbeda.

Ada juga kelemahan dari teknik Separasi empat warna ini yaitu menghasilkan warna yang cenderung tidak stabil. Yang disebabkan karena berbagai faktor, seperti :

  • Tekanan cetak yang berbeda-beda
  • Sedikit meleset juga dapat menghasilkan cetakan yang tidak sama
  • Screen yang kurang tegang

Meskipun demikian teknik Separasi empat warna ini masih merupakan teknik yang termurah apabila sobat ingin menghasilkan cetakan Photorealistic dengan hanya menggunakan 4 warna dasar CMYK.

Sobat juga tidak perlu pusing memikirkan warna Cyan Magenta Yellow Black yang tepat. Karena beberapa produsen tinta printing telah menyediakan tinta Separasi empat warna yang siap digunakan.

4 color separation

Contoh 4 Color Separation


4. SIMULATED COLOR PROCESS

Proses Simulated Color ini ada karena hasil cetak four color process kurang maksimal di atas kain warna gelap.

Simulated color process adalah proses mencetak dengan menggunakan warna-warna yang dominan pada Artwork atau Gambar. Jika pada artwork terdapat 10 warna dominan maka sobat juga menggunakan 10 warna tinta untuk menghasilkan gambar yang mendekati aslinya, proses ini sangat baik digunakan di atas kain dengan warna gelap atau hitam.

Simulated color process juga menggunakan sudut yang sama untuk semua warna yaitu 22,5 derajat. Simulated color process menggunakan Halftone.

5. INDEX COLOR SEPARATION

Index color separation adalah teknik memilih beberapa warna yang dominan pada suatu gambar. Seperti halnya Simulated color process, teknik Index color Process juga memerlukan beberapa tinta warna yang berlainan.

Yang menjadi pembeda antara Index Color Separation dan Simulated Color Process adalah Index Color tidak menggunakan Halftone seperti halnya Simulated color process tetapi menggunakan titik-titik yang disebut Diffusion Dither.

Diffusion Dither mempunyai ukuran yang sama persis antara satu dengan yang lainnya. Titik-titik tersebut akan menyatu pada proses cetak sehingga membentuk gambar.


Demikian pengetahuan tentang Artwork - Color Separation (Separasi Warna). Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2